Jual Aksesoris Peralatan Fiber Optik di Yogyakarta TERMURAH

Tempat yang jual peralatan kabel fiber optik di Yogyakarta, itu dimana ia? Graha fiber optik jawabannya. Karena kami menyediakan berbagai produk fo dan pendukung lainnya. Harga yang kami tawarkan, cukup terjangkau daripada tempat lain.

Redaman fiber optik adalah penurunan intensitas cahaya atau sinyal optik saat sinyal tersebut melewati serat optik. Redaman ini terjadi karena sebagian cahaya yang dipancarkan oleh sumber cahaya di ujung pengirim serat optik dapat diserap atau dipantulkan oleh material serat optik atau akibat kehilangan energi saat cahaya melewati sudut tikungan pada serat optik.

Info Order : 081953427744 (TELP/WA)

Redaman dapat menyebabkan penurunan kualitas sinyal optik dan dapat membatasi jarak jangkauan serat optik, sehingga dapat mengurangi efisiensi dan keandalan sistem komunikasi optik. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengurangi redaman fiber optik dengan menggunakan serat optik yang berkualitas tinggi dan menghindari sudut tikungan tajam dalam konstruksi kabel optik serta menjaga kebersihan dan kualitas konektor.

Prinsip Kerja Fiber Optik

Prinsip kerja kabel fiber optik didasarkan pada fenomena fisika optik, yaitu pantulan dan refraksi cahaya. Kabel fiber optik terdiri dari satu atau beberapa serat optik yang terbuat dari bahan kaca atau plastik yang sangat transparan terhadap cahaya.

jual fiber optik yogyakarta

Saat cahaya masuk ke dalam serat optik, ia akan merambat melalui inti serat optik, yaitu bagian serat yang memiliki indeks bias yang lebih besar daripada mantel serat. Indeks bias yang lebih besar ini memungkinkan cahaya untuk dipantulkan di dalam inti serat dan terus merambat melalui serat optik dengan sudut pandang tertentu. Sudut pandang ini disebut sudut kritis, dan jika cahaya melewati sudut ini, ia akan keluar dari inti serat dan terpantul kembali ke dalam serat. Proses ini disebut pantulan total dalam.

Untuk mengirimkan informasi menggunakan kabel fiber optik, sumber cahaya seperti laser atau LED digunakan untuk menghasilkan cahaya yang diteruskan ke ujung serat optik. Cahaya ini kemudian dipancarkan dan merambat melalui serat optik sampai ke ujung penerima. Di ujung penerima, cahaya diubah kembali menjadi sinyal listrik yang kemudian diterjemahkan kembali menjadi informasi yang dapat dipahami oleh manusia.

Keuntungan utama kabel fiber optik adalah kapasitasnya untuk mentransmisikan data secara jauh lebih cepat dan dengan jarak yang lebih jauh daripada kabel tembaga tradisional. Selain itu, kabel fiber optik juga lebih tahan terhadap interferensi elektromagnetik, sehingga dapat digunakan dalam lingkungan yang bising secara elektromagnetik.

Sejarah Kabel Fiber Optik

Teknologi serat optik pertama kali ditemukan pada awal abad ke-19 oleh fisikawan Prancis, Daniel Colladon, yang menunjukkan bahwa cahaya dapat ditransmisikan melalui curah air. Namun, teknologi ini belum digunakan secara luas sampai pengembangan serat optik modern pada tahun 1950-an dan 1960-an.

Pada tahun 1950, fisikawan Inggris, Narinder Singh Kapany, menemukan konsep dasar serat optik modern, dengan mengeksperimenkan cahaya melalui selubung kaca bundar untuk menghasilkan perbesaran gambar. Ia juga menemukan bahwa cahaya dapat dipancarkan melalui serat optik panjang dan merancang serat optik berbentuk bundar dengan menggabungkan kaca dan plastik.

Pada tahun 1960-an, perusahaan telekomunikasi seperti Bell Laboratories di Amerika Serikat, STC di Inggris, dan ITT di Jerman mulai memperkenalkan serat optik sebagai alternatif untuk kabel tembaga tradisional dalam mentransmisikan sinyal telekomunikasi. Pada tahun 1970, Robert D. Maurer, Donald Keck, dan Peter Schultz dari Corning Glass Works mengembangkan serat optik dengan kerugian rendah, yang memungkinkan cahaya untuk merambat jauh melalui serat optik. Teknologi ini menjadi dasar bagi perkembangan serat optik modern.

Pada tahun 1980-an, serat optik mulai digunakan secara luas dalam industri telekomunikasi, memungkinkan transfer data dalam kecepatan yang jauh lebih tinggi dan dengan jarak yang lebih jauh daripada kabel tembaga tradisional. Selain itu, perkembangan teknologi serat optik juga digunakan dalam bidang kedokteran untuk membantu dalam pemeriksaan medis dan operasi.

Pada saat ini, serat optik telah menjadi teknologi yang sangat penting dalam banyak industri, seperti telekomunikasi, manufaktur, kedokteran, dan keamanan, dan terus berkembang untuk menghasilkan serat optik yang lebih cepat, efisien, dan murah.

Tempat Beli Fiber Optik Yogyakarta

Graha Fiber Optik satu-satunya toko online yang melayani sistem COD / bayar ditempat, sehingga memudahkan Anda saat berbelanja kebutuhan peralatan jaringannya. Tidak hanya itu, kami juga melayani pemesanan semua produk hanya melalui aplikasi What'sApp saja.

Itu tandanya, mempermudah Anda proses pembelian produk kami. Tanpa perlu khawatir dengan penipuan barang tidak akan terkirim, karena sistem kami sudah support COD. Istimewanya lagi, barang yang kami jual sudah terjamin kualitasnya + garansi.

Yuk, buruan beli peralatan fiber optik Yogyakarta hanya  di Grahafiberoptik.Com. Silahkan klik tombol dibawah ini :


Akan kami respon secepat mungkin, pada jam kerja 08.00 - 17.00 wib. Terimakasih.

Diskusi