Ini Dia ! Jasa Splicing Fiber Optik di Cilacap Berpengalaman

Fusion splicer adalah alat yang digunakan untuk menyambung serat optik dengan menggabungkan dua ujung serat secara permanen melalui proses peleburan. Proses peleburan ini dilakukan dengan memanaskan kedua ujung serat hingga suhu yang sangat tinggi dan kemudian menyatukannya dengan presisi yang sangat tinggi untuk menciptakan sambungan yang sangat kuat dan stabil.

Fusion splicer biasanya digunakan dalam instalasi serat optik untuk jaringan telekomunikasi atau internet. Dalam proses instalasi serat optik, seringkali diperlukan untuk menyambung serat optik yang panjangnya lebih dari satu kilometer. Dalam situasi seperti ini, fusion splicer menjadi sangat penting karena dapat menghasilkan sambungan yang sangat kuat dan stabil tanpa mempengaruhi kualitas transmisi data.

Dalam pengoperasiannya, fusion splicer dilengkapi dengan teknologi canggih seperti kamera dan sensor yang dapat membantu pengguna untuk memposisikan kedua ujung serat dengan presisi yang sangat tinggi. Hal ini memastikan bahwa sambungan serat optik yang dihasilkan memiliki kerapatan dan kekuatan yang optimal.

Struktur Kabel Fiber Optik Yang Benar

Jika Anda belum tahu bagaimana struktur fiber optik, ternyata fiber optik mempunyai struktur terdiri dari tiga bagian utama, yaitu inti (core), cladding, dan buffer/coating.

Inti fiber optik terbuat dari kaca atau plastik halus dengan diameter yang sangat kecil, berkisar antara 2-50 mikrometer. Fungsinya sebagai media merambatnya cahaya. Cladding merupakan lapisan yang menyelubungi inti, terbuat dari bahan silikon dan memiliki indeks bias yang berbeda dengan inti sehingga cahaya dapat dipantulkan kembali dan tetap berada di dalam serat optik. Selain melindungi inti dari kerusakan fisik, cladding juga membantu mempertahankan gelombang cahaya di dalam serat.

Info Jasa Splicing FO : 081953427744

Lapisan terluar adalah buffer atau coating, terbuat dari bahan plastik elastis yang melindungi serat optik dari gangguan fisik seperti lekukan pada kabel dan ketidakseimbangan kelembaban udara. Lapisan coating juga memberikan perlindungan mekanis dalam proses transmisi cahaya pada serat optik. Di dalam lapisan coating terdapat lapisan plastik elastis, sedangkan di luar coating terdapat lapisan pembungkus tambahan atau buffer primer.

Simak Juga : 

Layanan Splicing Kabel Fiber Optik Purwokerto

Layanan Splicing Kabel Fiber Optik Purbalingga

Dalam kesimpulannya, struktur fiber optik terdiri dari inti, cladding, dan buffer/coating. Setiap bagian memiliki fungsi masing-masing dalam menjaga kecepatan dan kualitas transmisi cahaya pada serat optik. Dalam era digital saat ini, di mana kecepatan dan kualitas transmisi data sangat penting, pemahaman tentang struktur fiber optik menjadi sangat penting untuk memastikan kecepatan dan kualitas transmisi data yang optimal.

Cara Menggabungkan Kabel Fiber Optic Yang Tepat

Jasa Splicing Fiber Optik Cilacap - Graha Fiber Optik

Salah satu langkah penting dalam menyatukan serat optik adalah dengan melakukan pengupasan serat. Langkah ini dilakukan dengan menggunakan alat pengupasan mekanis untuk melepaskan lapisan polimer pelindung di sekitar serat optik. Pastikan juga untuk membersihkan alat pengupasan sebelum memulai proses peleburan.

Setelah pengupasan selesai, langkah selanjutnya adalah membersihkan serat dengan menggunakan 99,9% isopropil alkohol (IPA) dan tisu bebas serat untuk menjaga serat tetap bebas dari kontaminasi apapun.

Langkah berikutnya adalah memotong serat dengan menggunakan golok yang baik untuk menghasilkan permukaan ujung serat yang rata dan tegak lurus terhadap sumbu serat. Hal ini akan memudahkan dalam proses penyambungan serat.

Info Jasa Splicing FO : 081953427744

Setelah serat dipotong, langkah selanjutnya adalah menyekering serat dengan menggunakan fusion splicer. Pastikan untuk menyelaraskan ujung serat di dalam splicer dan melelehkan kedua ujung serat dengan busur listrik untuk menyatukan keduanya secara permanen.

Setelah serat berhasil menyatu bersama, langkah terakhir dalam proses penyambungan serat optik adalah melindungi serat dengan menerapkan kembali lapisan pelindung atau menggunakan pelindung sambungan untuk menjaga serat tetap aman dari kerusakan fisik.

Tempat Splicing Kabel Fiber Optik Cilacap

Jasa splicing kabel fiber optik biasanya dilakukan oleh teknisi yang telah berpengalaman dan terlatih dalam melakukan splicing kabel fiber optik. Kami memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara menyiapkan kabel fiber optik, mengupas serat, membersihkan serat, memotong serat, menyekering serat, dan melindungi serat.

Graha Fiber Optik, Solusinya ! Mengapa ?. Karena tim dari grahafiberoptik.com sudah memiliki pengalaman dalam hal splicing kabel fiber optik, supaya aktifitas penyambungan fiber optik berhasil dengan hasil yang optimal.

Jika Anda tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan yang cukup tentang cara melakukan splicing kabel fiber optik, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan jasa splicing kabel fiber optik dari profesional.. Teknisi yang melakukan splicing juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang cara menjaga kabel fiber optik agar tetap berfungsi dengan baik.

Segera hubungi kami, bila ingin menggunakan Jasa Splicing Kabel Fiber Optik Cilacap.
Klik tombol What'sApp dibawah ini, supaya Anda langsung :


Semoga dengan hadirnya layanan ini, kami berharap Anda tidak ada permasalahan kembali pada hal sambung kabel fiber optik. Jangan lupa bagikan artikel sederhana ini, di sosial media kesayangan Anda masing-masing. Bila kerabat / saudara Anda memang mebutuhkan informasi ini. 

Terimakasih.

Diskusi